Minggu, 03 Januari 2016

Keeksotisan Pulau Pekajang



Pekajang/Cybia

PulauPekajang 


Pulau Pekajang di Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)  yang sebelumnya pernah diklaim sebagai bagian wilayah Provinsi Bangka Belitung (Babel), ternyata menyimpan banyak potensi. Mulai dari hasil perikanan, pantai dengan pasir putih yang jernih serta kandungan cadangan timah di perairan Pekajang.Secara geografis, Desa Pekajang dengan tujuh gugusan pulau ini memang lebih dekat dengan Provinsi Babel. Karena itu, tak heran jika masyarakat setempat, lebih memilih memenuhi kebutuhan pokok dan keperluan lainnya seperti berobat, dengan pergi ke Belinyu, salah satu kecamatan terdekat yang ada di Provinsi Babel.Ketujuh Pulau itu meliputi 1) Pulau Batu Kembung/Sarang Burung, 2) Pulau Batu Tukongyu, 3) Pulau Lalang, 4) Pulau Pasir Keliling, 5) Pulau Penyaman, 6) Pulau Pekajang Besar dan  7) Pulau Pekajang Kecil. Pulau Pekajang Kecil Secara Administrasi wilayahnya masuk kedalam Pemerintahan Kabupaten Lingga yang berdasarkan UU No.31 Tahun 2003 dengan luas daratan dan lautan mencapai 45.456.7162 Km persegi. (sumber: Direktori Pulau-Pulau Kecil di Indonesia)Batas-batas pulau pekajang kecil meliputi :


  • Utara                         : Kecamatan Lingga Timur 
  • Sealatan                    : Provinsi Bangka Belitung (Babel)
  • Barat                         : Provinsi Jambi
  • Timur                        : Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

Pantai Pulau Pekajang


Selain kandungan cadangan timah di Pekajang diyakini juga masih melimpah ruah. Potensi alam yang dimiliki pulau Pekajang sebenarnya sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai kawasan pariwisata bahari. Pantai pulau Pekajang yang berpasir putih halus dengan rerimbunan pepohonan yang melatarinya, menjadikan Pulau Pekajang sebagai pesona bagi keindahan alam yang masih alami. Selain pemandangan pantai dan bawah laut yang sangat indah, tutupan karang hidup sangan baik. Serta juga dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata pancing tradisional. Kehadiran Penyu di pulau Pasir Keliling yang terdapat disebelah barat pulau pekajang kecil juga dapat dikembangkan menjadi kawasan perlindungan laut masyarakat dimana ini akan menambah variasi aktivitas objek ekowisata bahari bagi ekowisatawan yang akan berkunjung.(arp)


Menuju Dermaga


Dermaga Pulau Pekajang

Bunker Timah Tempo Dulu Pulau Pekajang

Pantai Pulau Pekajang

Pantai Pulau Pekajang

Pantai Pulau Pekajang

Peninggalan Zaman Timah

Bebatuan Kuarsa di Pulau Pekajang


Sekian !!!
Terima Kasih


4 komentar:

  1. Kalau mau ke Pekajang, aksesnya gimana??

    BalasHapus
  2. Sejauh ini belum ade konfirmasi akses, jadi admin belum bise jelaskan. Lebih jelasnye akses meunuju kesane via laut dengan ikut di perahu warga bile mereke berkeperluan di kota (Dabo Singkep atau Daik Lingga). Untuk pemerintah sendiri sejauh ini pemerintah belum sediakan akses kesana. Jadi bila nak berkunjung otomatasi harus private bisa lewat kapal cepat (speed) atau kapal nelayan tapi membutuhkan waktu berjam jam.

    BalasHapus
  3. Makasih ya atas sharenya jadi pengen pergi ke Pulau wisata

    BalasHapus