Jumat, 15 Januari 2016

Beberapa Cerita Menarik di Balik Tragedi Bom di Jakarta

Indonesia berduka
Oleh Arie Basnovat's

 Photo : Arie Basnovat's

Setelah terjadi ledakan teror yang menewaskan lebih dari lima orang di jalan kawasan Sarinah dan Tamrin Jakarta Pusat. Peristiwa yang terjadi di siang bolong saat aktivitas di sana tengah berjalan semestinya. Membuat gempar segnap nusantara.

Kabar ini kemudian begitu cepat menyebar luas ke seluruh dunia baik via media sosial maupun media massa. Peristiwa ini pun mendapat respons yang sangat cepat oleh para netizen di dunia dan seluruh Indonesia, mereka sangat mengutuk aksi teror yang memakan korban jiwa maupun luka tersebut.  Tentunya tragedi ini mengundang simpati dari para netizen dan masyarakat luas apalgi yang menyaksikan secara langsung kejadian tersebut.

Oleh karena itu, untuk menyampai kan rasa simpati mereka atas kejadian itu seluruh pengguna media sosial terutama twitter menulis kan hastag pray for Jakarta (#prayforJakarta) pada status mereka sebagai simbol kepedulian terhadap sesama manusia ciptaan Tuhan.

Namun tahukah kita di balik serangan teror yang di lakukan oleh para pelaku teror tersebut tersimpan beberapa cerita unik, menarik yang harus kita ketahui.

Pertama, aksi nekad ratusan masyarakat yang menyaksikan secara langsung baku tembak antara polisi dan para pelaku aksi teror di tempat kejadian perkara yang mana aksi nekad masyarakat ini tidak pernah di lakukan oleh masyarakat luar negeri manapun yang mana saat negaranya di landa aksi terorisme, hanya di Indonesia loh.

Seperti ditulis di media Selebriti.com, "Hanya Ada di Indonesia" Ketika di negara lain, orang-orang justru panik ketika ada teror bom. Di Indonesia, orang-orang justru beramai-ramai menonton kejadian tersebut. Alhasil, apa yang terlihat malah seperti di lokasi syuting film action.

Fakta unik ini juga tertulis di Media Online Islampos dengan kalimat " Fakta menarik lainnya adalah masyarakat justru menonton adegan tembak menembak dalam jarak dekat. Seperti sedang menyaksikan syuting film layar lebar. Bahkan di foto yang lain, polisi sibuk menyembunyikan diri di belakang sebuah mobil sedangkan masyarakat tenang-tenang saja mengerumun di bagian belakang seolah tidak merasa terancam sama sekali."

Lain lagi ditulis Radar Rempoa News dengan kalimat "Nonton Bareng" Setelah peristiwa pengeboman berlangsung, ketika polisi sedang heboh baku tembak dengan teroris, warga ramai-ramai sedang menonton kejadian tersebut. Seharusnya area itu disterilkan sehingga polisi bisa bebas bergerak. Takutnya, warga yang jadi korban akibat peluru nyasar atau ledakan bom susulan.

Dari fakta ini mampu meyakinkan Nitizen sekiranya Rakyat indonesia Pemberani. Jakarta cukup mewakili segenap wilayah Nusantara.




Kedua, di tengah hiruk-pikuk baku tembak antara polisi dan pelaku aksi teror terdapat pula seorang pedagang sate yang gagah berani, ia asyik dengan jualannya tanpa memperdulikan apa yang terjadi disekitarnya pada saat itu, pedagang sate ini seolah-olah tidak ada rasa takut sedikitpun  saat kondisi yang tidak memungkinkan untuk ia berjualan dan pastinya akan membahayakan keselamatan dirinya, karena pada waktu itu kondisi dinyatakan belum aman. Namun tetap ia lakukan. Pastinya ini menjadi sebuah ikon/simbol rakyat Indonesia yang pemberani akan aksi brutal teroris dimata para netizen.

Hal serupa juga di posting oleh seorang penguna Path atas nama Wimpy.  Dilkutip dari  Merdeka.com seorang pengguna Path bernama Wimpy mengunggah foto seorang penjual sate. Meski terlihat biasa saja, penjual sate itu ternyata berada sangat dekat dengan lokasi ledakan bom Sarinah. Bahkan menurut Wimpy, posisi jualan si tukang sate yang terlihat cukup tua itu hanya 100 meter dari TKP.

Wimpy pun menyebut fenomena unik nan berani ini adalah bukti ketangguhan orang Jakarta yang tidak takut terhadap aksi terorisme.

"Gerobak sate ini hanya 100 meter dari lokasi serangan teroris sekitar 2 jam lalu, dan si abang masih memanggang satenya dan orang-orang pun masih terus memesan sate. Ini lah Jakarta!!! Kalian tidak bisa meneror orang-orang Jakarta!! Takut tak ada dalam kamus kami," tulis Wimpy dalam akun Pathnya.

Disamping itu, portal Islampos juga menceritakan hal serupa. Dalam laman tersebut, ada yang berkomentar dengan kalimat dalam bahasa Inggris yang kurang lebih bermakna, “Bilik sate ini hanya sekitar 100 meter dari daerah serangan teroris dalam kurun waktu hanya 2 jam setelah kejadian, dan orang-orang terus memesan sate. Ini adalah Jakarta, Anda tidak bisa teror orang Jakarta. Tidak ada kata takut dalam kamus kami.”

Perjuangan sang kakek penjual sate, yang dengan berani berjualan padahal kondisi masih belum benar-benar dinyatakan aman jelas sangat mengundang decak kekaguman. Betul kata pepatah, sekeras-kerasnya ibu tiri ternyata jauh lebih keras ibu kota. Jelas sekali meski keadaan belum aman, namun mengais nafkah di lokasi petaka mau tak mau mesti dilakukan.



Ketiga, pada saat para netizen beramai-ramai menuliskan hastag pray for Jakarta untuk menunjukan solidaritas mereka, muncul pula pesan larangan agar jangan menulis hastag seperti itu dengan alasan akan berdampak terhadap ekonomi negara.

Padahal dilansir Tribunlampung.co.id "Hastag" Pray For Jakarta merangkak menjadi Tranding Topic Twitter" Sejumlah netizen pun merespon peristiwa tersebut dengan menggalang gerakan hashtag #PrayForJakarta".

Jadi pertanyaan besar tujuan dari larangan hastag "Pray For Jakarta" itu.

No hastag Pray For Jakarta

Keempat, di tengah terangkat nya berita tentang aksi teror ini, muncul pula anggapan bahwa kejadian ini merupakan sebuah pengalihan isu belaka, melihat bertepatan saat kejadian itu pula PT. Freeport menawarkan divestasi saham nya kepada pemerintah, mengingat masalah PT. Freeport ini begitu sensitif karena menyangkut kepentingan hajat orang banyak.

Fakta ini diungkap disitus berita Bintang.com. Jakarta sungguh mencengangkan. Indonesia terkejut lantaran peristiwa ini terjadi tiba-tiba. Kamis, (14/1/2016) sebuah pos polisi meledak dan menewaskan setidaknya 6 orang. Semua orang berpikir, ini ada kaitannya dengan gerakan ekstremis seperti ISIS. Tapi tak sedikit netizen yang menduga bom Sarinah ini cuma pengalihan isu penawaran saham PT. Freeport.

Portal Piyungan dan Kaskus.co.id juga mengungkapkan hal sama dengan sumber seorang netizen @ferizandra yang menulis di jejaring twitternya bahwa akan ada pengalihan isu terkait batas waktu Freeport Indonesia menawarkan saham, yang deadline nya hari ini, Kamis, 14 Januari 2016.
"Jangan lupa besok 14/01/2016 batas waktu Freeport Indonesia utk menawarkan saham... hati2 pengalihan isu..." tulis akun @ferizandra tadi malam, Rabu (13/1).

Pengalihan Isu
Kelima, tidak lama setelah polisi berhasil melumpuhkan para pelaku aksi teror dan mengevakuasi korban ledakan bom di TKP saat  situasi sedikit kondusif, kebiasaan pengguna gadget mulai meramaikan situasi di TKP, seperti berselfie di tempat terjadinya ledakan bom jelas situasi saat lagi berduka, hingga pedagang kacang-kacang pun tidak kalah meramaikan tempat kejadian perkara tersebut. Ada-ada saja kelakuannya entah apa maksud dan tujuannya.

Selfie dan jualan kacang-kacangan

Keenam, dikutip dari Radar Rempoa News, Bukannya fokus pada kabar terorisme, Netizen malah heboh dengan tas selempang dan sepatu yang dikenakan oleh para polisi yang sedang mengendap untuk melumpuhkan teroris. Tas selempang yang digunakan dijelaskan bermerek Coach, sedangkan sepatunya yakni Adidas Camouflage dan sneaker merek Gucci. Bahkan ada juga Netizen yang dagang tas selempang yang dikenakan oleh sang polisi di jejaring sosial.

Sepatu dan Tas anggota Polri keren !!!


Ketujuh, Ini mungkin yang lebih menarik malah nitizen membahas face gantengnye seorang Polki. Ini kelakuan kaum hawa pastinya. Please deh people, fokus. Masih dikutip dari Radar Rempoa News saat orang-orang sedang ribut membahas terorisme dan bom di Sarinah Thamrin, sebagian Netizen justru membahas polisi ganteng yang diketahui bernama Rino Soedarjo yang sedang beraksi melawan teroris di TKP, lalu heboh di jejaring sosial dengan tagar #KamiNaksir. Ini baru luar biasa.

Ganteng ya ???

Kedelapan, barangkali fakta berikutnya yang tak bisa dilewatkan adalah munculnya pahlawan berseragam Go-Jek yang menyelamatkan salah seorang wanita dari lokasi kejadian. Entah siapa yang begitu luar biasanya mengambil objek foto tersebut, namun hasil bidikannya akan menjadi iklan yang sangat mendukung kemajuan sarana transportasi yang sempat dipermasalahkan. Bahkan mengutip pemberitaan pada laman Tempo (14/01/2016), akibat dari kejadian tersebut perusahaan Go-Jek memberi tumpangan gratis khusus wilayah Jabodetabek. Syukur akhirnya aksi pahlawan Go-Jek membawa berkah.

Aksi pahlawan Go-Jek

Melihat kejadian ini, Kondisi ideal yang harusnya ada ketika sebuah tragedi menghampiri sebagian atau seluruh wilayah Indonesia, alat-alat negara harus saling bekerja sama untuk mencari apa penyebabnya dan bagaimana mengatasi dampaknya. Namun realita yang terjadi pasca tragedi bom Sarinah seakan menjadi ring tinju alat-alat negara untuk berspekulasi dan berapologi. Jika memang begitu, maka sungguh kasihan masyarakat awam harus mengkonsumsi pertarungan yang tidak dipahami.

Pemerintah harus melakukan antisipasi sesegera mungkin agar kejadian ini tidak berulang lagi karena ini akan menyangkut kedaulatan negara dan Bangsa ini. Namun terlepas dari itu kita juga selaku warga negara Indonesia hendaklah selalu waspada terhadap ancaman yang seperti ini. Karena jika tidak, celah-celah seperti ini lah yang akan di manfaatkan para aksi teror untuk melakukan aksi mereka secara terus menerus hingga bangsa ini lumpuh dan hancur.

Ketika kita masyarakat Indonesia bisa berbondong-bondong meletakkan bendera negara lain (ketika bom Perancis)  pada background akun media sosialnya sebagai bentuk kampanye solidaritas menjunjung stabilitas kedamaian, masyarakat Indonesia juga harus mampu melakukan hal yang sama ketika tragedi bom Sarinah. Bukan tentang simbol, tapi tentang bagaimana kekuatan mental masyarakat Indonesia untuk perbaikan sistem kehidupan bernegara.

Indonesia butuh alat-alat negara yang bersinergi dengan satu sama lain dan nilai luhur Indonesia. Negara bukan tentang menjaga status quo kepentingan kelompok tertentu, negara adalah lembaga yang menciptakan dan mengontrol stabilitas peradaban pada suatu teritorial. Kondisi ideal negara yang terealisasikan akan menciptakan sistem kehidupan masyarakat tanpa kebekuan berpikir, jauh dari hal-hal latah dan sekedar menjadi follower.

Nauzubillah minzalik. Semoga kita dan negara ini selalu dalam lindungan Allah SWT  dan kedapan nya akan aman dan tenteram serta terbebas dari aksi teror.

Itulah beberapa cerita menarik di balik peristiwa ledakan bom Sarinah di Jakarta oleh pelaku terorisme, yang kami rangkum dan kami simak dari sumber-sumber media (Sosial maupun Massa).

Terimakasih 
Editor, Arpa Aindi

3 komentar:

  1. This short article may not be supported by the data that is valid and can not be used as a reference in analyzing intelligence. The idea departs from the investigation of possible involvement
    togel sgp

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya IBU WINDA posisi sekarang di malaysia
      bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
      setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
      sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
      sempat saya putus asah dan secara kebetulan
      saya buka FB ada seseorng berkomentar
      tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
      melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
      karna di malaysia ada pemasangan
      jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
      saya minta angka sama AKI NAWE
      angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
      terima kasih banyak AKI
      kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
      rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
      bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
      terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
      jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
      karna prediksi AKI tidak perna meleset
      saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan



      Hapus
  2. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    BalasHapus