Minggu, 13 September 2015

Koperasi Nelayan Suak Buaya Bertuah (KNSBB) diresmika



Lingga, (MK)_ Warga Desa Suak Buaya adakan acara peresmian Koperasi Nelayan Suak Buaya Bertuah (KNSBB) di Desa Suak Buaya Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga. Acara dihadiri ratusan warga dari beberapa Desa dan Dusun disekitar Desa Suak Buaya (13/9).

Hadir dalam undangan anggota DPRD Kabupaten Lingga, Salmizi ST dan Calon Bupati Lingga Harlianto. Peresmian KNSBB ini diresmikan Harlianto dengan membuka tabir plank nama yang dalam hal ini sebagai motivator usahawan muda berjaya. 

Aldoni dalam hal ini sebagai manajer Koperasi Nelayan Suak Buaya Bertuah sampaikan sambutannya, menurutnya latar belakang terbentuknya Koperasi ini berdasarkan kajian bahwa berhubung 90% penduduk wilayah Singkep Barat ini adalah nelayan. 

"Koperasi sudah berbadan hukum, kita ada akte notarisnya dan sudah kami rapatkan selama satu bulan sehingga jangkauan kami meluas. Ada perwakilan dari Desa Pulau Panjang, Desa Posek, Pulau Mas dan Cukas", katanya melaluai sambutan.

Dilanjutkannnya Kepengurusan dari KNSBB ini terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Pengurus, Bidang Usaha dan Bidang Pengawas.
" Dewan Pembina yaitu Bapak Acai salah satu Pengusah Ikan di Pulau Mas, Bapak Sukri dan Bapak Kamarudin. Sedangkan Dewan Pengurus terdiri dari Manajer, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan Bendahara",lanjutnya.

Dia melanjutkan lagi sambutannya bahwa Koperasi Nelayan Suak Buaya Bertuah ini masih membuka bagi yang ingin bergabung. Dengan Persyaratan uang pendaftaran sebesar 50.000 dan iuran perbulannya sebesar 10.000. Sedang bagi anggota yang punya keperluan boleh meminjam dengan syarat mengisi formulir yang disediakan oleh pengurus inti. Atas dasar peminjam yang lebih diutamakan dalam hal pendidikan anak, Sakit dan Usaha. Sementara syarat pengembalian di sepakati dengan menyetor 100.000 perbulannya. 

"Tergantung peminjaman dari anggota. Jika 500.000 berarti harus melunasi uang Koperasi selama 5 bulan", lanjutnya lagi.

Sementara itu sambutan dari perwakilan PT.Bank Riau Kepri cabang Dabo Singkep mengapresiasi atas program ini dan harapan untuk kedepan agar masyarakat mampu berpartisipasi dan menjaga eksistensi koperasi. PT.Bank Riau berjanji akan ada nantinya pelayanan dalam hal simpan pinjam. Juga nantinya akan ada pembagian sisa hasil usaha bersama. 

Salmizi, sebagai tamu undangan dari DPRD Kabupaten Lingga menegaskan atas nama pemerintah Kabupaten Lingga mengucapkan selamat atas peresmian program koperasi ini. Dan atas nama Pemerintahan Legislatif dirinya mendukung penuh atas program ini. 
" kami nanti dari pihak Legislatif akan mendongkrak ke Ekskutif dengan adanya program-program baik seperti jika keuangan kabupaten membaik. Atas nama pemerintah Kabupaten Lingga mengucapkan tahniyah atas terlaksananya program Koperasi Nelayan Suak Buaya Bertuah ini",katanya dalam sambutannya.
-- (arp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar